Header Ads

Cara Menjadi Seorang Blogger Otoritas


Jika Anda punya masalah itu, dua cara di bawah ini bisa menjadi salah satu solusinya.

1. Tulis apa yang Anda kuasai

Menjadi blogger otoritas tidak sesulit yang Anda bayangkan sepanjang Anda menguasai topik yang Anda bahas. Mengapa? Ini karena Anda akan mengerti apa yang Anda tulis.
Dengan demikian, tulisan Anda akan mengandung fakta dan atau data sehingga bermanfaat bagi pembaca blog Anda.
CONTOH:
Jika Anda seorang dokter dan membuat blog kesehatan, Anda menjadi seorang blogger otoritas karena Anda tahu banyak tentang kesehatan dan mempelajarinya di perguruan tinggi.
Jika Anda seorang mahasiswa Fisika dan membuat blog yang membahas seputar Fisika, Anda termasuk seorang blogger otoritas.
Sama seperti contoh dokter di atas, Anda mengetahui topik Fisika karena Anda lebih paham dibanding orang lain yang tidak menggeluti Fisika.
Bagaimana jika Anda tidak kuliah?
Jangan khawatir karena Anda juga bisa menjadi blogger otoritas sepanjang Anda punya pengalaman dan keterampilan di bidang tertentu.
Sebagai contoh, jika Anda seorang pekerja bengkel mobil dan Anda membuat blog seputar mobil, Anda juga termasuk blogger otoritas karena Anda memiliki keterampilan di bidang itu.
Contoh lain, jika Anda memiliki keterampilan Photoshop dan membahas tips-tips seputar Photoshop, Anda sebagai blogger otoritas juga karena Anda tahu banyak dengan program tersebut.
Belum tahu apa keterampilan Anda? Jika ya, coba jawab satu dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
  • Apa profesi Anda sekarang?
  • Hal apa yang sering Anda diminta bantuan oleh teman Anda?
  • Masalah apa yang pernah Anda selesaikan dalam kehidupan sehari-hari?
CONTOH:
Profesi Anda sekarang adalah seorang akuntan. Jika Anda ingin menjadi seorang blogger otoritas, Anda harus membuat sebuah blog yang membahas seputar akuntansi.
Tulisan Anda nantinya bisa berupa panduan mendokumentasikan pemasukan dan pengeluaran keuangan, membayar pajak, arus kas (cash flow), dan sebagainya.

2. Pilih topik yang ingin Anda kuasai

Masih juga tidak tahu apa keterampilan Anda? Jika jawaban Anda ya, Anda masih bisa menjadi blogger otoritas juga.
Caranya dengan membuat blog dan membahas satu bidang yang ingin Anda kuasai. Dengan kata lain, Anda ingin ahli di bidang itu.
Cara ini yang saya lakukan saat membuat Blogodolar lima tahun lalu. Pada waktu itu, saya tidak paham tips-tips ngeblog dan hal-hal teknis seperti domain, hosting, dan CSS.
Hal-hal inilah yang saya pelajari sehingga akhirnya saya menguasainya. Hasilnya? Blogodolar berisi tips-tips ngeblog ala saya.
Contoh lain adalah ketika saya membuat TipsBelajarBahasaInggris.com. Saya membuat blog itu karena saya ingin menguasai bahasa Inggris untuk menunjang profesi saya sebagai seorang full time blogger.
Yang saya lakukan adalah mempelajari satu per satu materi bahasa Inggris dari buku-buku yang saya beli dan referensi dari Internet.
Setelah saya memahami satu materi (misalnya Present Perfect Tense), saya kemudian menuliskan materi tersebut versi saya di TipsBelajarBahasaInggris.com. Begitu seterusnya.
Satu hal yang harus diingat jika Anda menempuh cara ini adalah kurva pembelajaran: keterampilan Anda akan meningkat seiring dengan peningkatan waktu.
Dengan kata lain, Anda harus sabar karena menjadi ahli di bidang tertentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda juga harus sabar karena mungkin saja uang yang Anda peroleh dari blog Anda tidak sesuai harapan.
Jika sebaliknya, Anda mungkin akan menyerah dan berpikiran bahwa tidak ada gunanya menjadi blogger otoritas. Anda mungkin juga beralih ke metode lain yang menjanjikan kaya dalam sekejap.

Penutup

Jika Anda memilih menjadi seorang blogger otoritas di blog berbahasa Indonesia, Anda jangan ragu mencapainya.
Anda berhak menjadi seorang blogger otoritas, tak peduli seberapa besar cibiran untuk Anda dan tak peduli siapa Anda sekarang. Yang perlu adalah bertindaklah sehingga Anda menjadi seorang blogger otoritas.

sumber: blogodolar

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.