Header Ads

Komponen Penyusun Laptop dan Fungsinya

1.  LCD


Lcd pada komponen laptop ber fungsi sebagai alat untuk menampilkan hasil daripada proses pemprograman data yang sedang berjalan pada laptop. Dari komponen laptop yang satu inilah fungsinya kita menentukan atau memonitor apa yang kita ingin operasikan melalui keyboard, mouse atau touchpad.



2.  Motherboard


Motherboard atau yang biasa disebut-sebut mainboard dan biasa juga ada orang yang mengatakan dengan nama mobo berfungsi sebagai alat atau tempat komponen-komponen lainnya seperti sound card, VGA card, processor, chipset , dan port untuk komponen tambahan.


3.  Baterai


Mungkin teman-teman semua sudah tau fungsi komponen laptop yang satu ini, yaa fungsinya untuk menyimpan daya ke laptop sehingga laptop dapat bertahan tergantung sesuai dengan spesifikasi baterai laptop itu sendiri, dan juga yang mempengaruhi adalah pengaturan dari laptop itu. Mulai dari kecerahan layar, besarnya suara. Banyaknya program yang berjalan, dan masih banyak lagi.



4.  Touchpad


Fungsi dari komponen laptop yang satu ini adalah sebagai alat untuk menggerkkan cursor dan sebagai pengganti mouse. Bedanya touchpad lebih muda digunakan jika karena hanya menggunakan sentuhan jari.




5.  Processor


Bisa di bilang di dalam komponen-komponen yang ada pada laptop kita, mungkin inilah komponen yang bisa di bilang sangat penting untuk menentukan seberapa cepat kinerja atau pemrosesan laptop kita. Dari semua kegiatan yang dilakukan pada laptop semua nya diproses oleh komponen yang satu ini. Kecepatan atau kinerja laptop Tergantung seberapa besar spesifikasi dari processor itu sendiri.



6.  RAM


RAM pada laptop juga bisa di bilang berfungsi untuk mempengaruhi kecepatan mengakses data yang diproses. Fungsi utama dari RAM adalah sebagai tempat penyimpanan atau sebagai memori untuk menyimpan data atau program yang berjalan sementara pada laptop. Jadi semakin besar RAM tersebut semakin banyak juga aplikasi yang bisa di buka secara bersamaan. Makanya biasanya untuk orang-orang yang suka bermain game berat pada laptop lebih memilih yang spesifikasi RAM nya tinggi sangat cocok dipakai untuk bermain game.



7.  Hardrive 


Untuk komponen laptop yang satu ini biasa orang-orang menyebutkan dengan nama hardisk, hardisk sendiri tidak beda jauh fungsi nya dengan RAM, Cuma perbedaan komponen laptop yang satu ini dengan RAM adalah kita dapat menyimpan data atau hasil proses secara permanen, contoh dokumen penting, video, lagu, dan masih banyak lagi. Beda dengan RAM yang hanya menyimpan data yang terproses sementara.



8.  DVD player

Komponen laptop lainnya adalah DVD player, untuk yang satu ini tidak semua laptop mempunyai DVD player, contoh untuk notebook sangat jarang yang mempunyai DVD player. Dan komponen yang satu ini tempatnya pada slot motherboard dan fungsinya untuk membaca file yang ada pada disk yaitu file ISO.



 9.  Wireless card


JIka laptop tidak mempunyai komponen yang satu ini, maka laptop tersebut tidak bisa menangkap sinyal untuk menghubungkan ke internet.karena fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk menangkap sinyal WIfi tanpa menggunakan kabel.



10.  Video Card / VGA Card dan port VGA


Untuk komponen laptop yang satu ini fungsinya yaitu untuk menampilkan hasil gambar pada layar laptop dan biasa juga digunakan untuk pada proyektor yang terhubung melalui port VGA. Tidak sama dengan laptop keluaran lama, mungkin untuk laptop yang sekarang VGA card sudah terintegrasi ke mainboard. Apabila video card rusak. Maka mau tidak mau semua motherboard harus diganti.




sumber: teknologiku

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.